Friday, March 22, 2013

Cara Mengetahui Orang yang Perokok




















Cara yg paling ampus buat "nangkep basah seseorang ngerokok atau enggak. Buat yg baru belajar ato udah jadi perokok berat. Penjabarannya dari cara yang paling ribet sampe yg paling pasti.

1. Periksa tas nya. Soalnya biasanya perokok naro bungkus rokok n koreknya di tas. periksa rutin setiap hari ato biar ga terlalu ketauan periksa aja setiap dia pergi pake tas yg biasa dia pake. Bisa juga dari kantong celana, jaket, kantong di baju, dll, pokoknya hal yg berbau kantong di pakaian. Perokok jg bisanya naro "peralatannya' di aku. Bagi yg suka beli ketengan (satuan) pasti ketauan banget banyak remah tembakau yg jatoh dari rokoknya yg biasanya banyak tertingal di tas ato kantong.

2. Periksa wangi dari bajunya. Tau kan bau rokok kayak gmn? nah, cium aja tuh baju nya. Daerah leher. Ato klo dia pake jaket, kemeja lengan panjang, cium bau di sekitar lengannya. Tp kendalanya pake parfum juga ilang bau nya. Jd jarang ada ketauan.

3. ini yg gw rasa paling ampuh kedua, cium bau di mulut dan tangan. Di mulut jg sebenernya bisa cepet ilang setelah makan permen ato makan makanan yg berbau nyengat, tapi klo idung lo tajem, pasti bakal kecium tuh bau nya. di tangan lebih tajem lagi bau nya. Walopun lo cuci pake sabun apapun, mau itu lama ato pake sabun merk n sebanyak apapun pasti bakal masih kecium klo idung lo peka sama bau rokok. Pasti. Periksa bau di mulut dan di tangan setelah orang yg dicurigain pulang ke rumah setelah sekolah/ kuliah/ kerja/ acara2 lain. Perhatiin juga gelagat nya. Biasanya begitu pulang langsung mandi/ cuci tangan sengaja tangan biar ga kecium baunya sama kita.

4. cara paling ampuh. Test darah dan ronsen paru2. Skak Mat ini mah. Wlopun harganya relatif mahal daripada cara 1, 2, 3 yg ga ngeluarin biaya apa2 tp ini bukti jelas banget. Ampuh dan bukti jelas banget. Tinggal ancem CEPET MATI abis itu. anceman paling ampuh.

Buat berenti ga susah kok. Intinya harus NIAT. Dukungan juga diperluin banget khususnya dari orang tua yg jgn tanggung2 klo ngasih hukuman ke anaknya tapi tetep dengan cara "mendidik", bukan "menyiksa". Perlu juga dukungan2 dari orang terdekat (pacar, sahabat, dll). Godaan paling besar buat orang yg lagi belajar berenti ngerokok adalah (menurut gw pribadi) ketika kita ngeliat org yg ngerokok di deket kita. Pasti langsung kebayang rasa n gmn nikmatnya. Sial. Dan yg kedua adalah tentu aja godaan dari temen2/ siapapun yg iseng nyuruh2 kita ngerokok lagi. Di-cengin, digodain, diledekin, dll. Tp balik lagi ke intinya tadi, NIAT. Dan ada yg bilang mitos klo org berenti ngerokok tiba2 bisa bikin badan sakit, gw bilangin itu boong. Buktinya gw ga ngerasa apa2 tuh. Udah lebih 2 minggu gw ga ngerasa apa2. Efek yg udah gw rasain adalah dda udah ga penah nyesek lagi n yg pastinya stamina waktu olahraga berubah meningkat. Oke udah ah curhatnya. hahaha. Ada kalimat yg pernah keluar dari sobat gw dulu. Bunyinya kira2 begini, "Sorry, gw ga ngerokok. Gw ga mau mencemari Bait Allah (nunjuk ke arah hati)". Da#n. Dalem tuh. hahaha. Semoga bermanfaat! berenti ngerokok = 10000000000000000000000% NIAT. *Hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri* *bukan iklan*

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon